Kamis, 27 November 2014

Proposal DAK SMK AL-QOHHARIYYAH 2015

P R O P O S A L
Permohonan Bantuan
Dana Alokasi Khusus (DAK)
Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB)
Tahun Anggaran 2015



 YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM AL-QOHARIYAH
SMK AL-QOHHARIYYAH
Program Keahlian : TKJ
Jl. Cibodas Rt 01/014, Desa Bunijaya, Kecamatan Gununghalu  Kabupaten Bandung Barat
Provinsi Jawa Barat Kode Pos 40565 Hp 085220818250-081809895871


Description: LOGO YA2SNYAYASAN  PENDIDIKAN  ISLAM AL-QOHHARIYYAH
SMK AL-QOHHARIYYAH
Alamat : Jl. Cibodas RT 01 RW 14 Desa Bunijaya Kecamatan Gununghalu
Kabupaten Bandung Barat Kode Pos 40565 Telp. 081 809 420 514

Nomor          : 048/ SMK.AQ/X/2014
Lampiran     : 1 Berkas Proposal
Hal                : Permohonan Bantuan DAK
                        Ruang Kelas Baru (RKB) TA. 2015
Kepada Yth.
Bapak Bupati Kabupaten Bandung Barat
Melalui  :
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga
Kab. Bandung Barat
di
Bandung
            Asalamualaikum Wr. Wb
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat karunia-Nya sehingga kita dapat beraktivitas.
SMK AL-QOHHARIYYAH bergerak dalam bidang pendidikan berupaya untuk memberikan kontribusi yang baik dalam membina generasi Bangsa. Kepercayaan  dan animo masyarakat sangat besar untuk mendidik putra putrinya, mengoptimalisasikan kami untuk lebih mengembangkan lembaga ini terutama kebutuhan terhadap sarana dan prasarana yang lebih baik dan memadai.
Kebutuhan yang sangat perlu saat ini adalah sarana kegiatan belajar mengajar berupa penambahan Ruang Kelas Baru (RKB) serta untuk menunjang peningkatan kualitas pendidikan, oleh karena itu kami mohon kepada bapak untuk dapat membantu pembangunan dan sarana yang kami perlukan.
Demikian permohonan ini kami kami sampaikan, atas dukungan dan bantuannya kami ucapkan terimakasih.
            Wassalamualaikum Wr.Wb.



Bandung Barat, 06 Oktober 2014

Kepala Sekolah,













H. RAHMAT HIDAYAT, S.Pd.


LEMBAR PENGESAHAN


            Proposal Bantuan DAK Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) SMK AL-QOHHARIYYAH Tahun Anggara 2015, telah disetujui pada tanggal 06 Oktober 2014, oleh ;

Menyetujui,
Bandung Barat, 06 Oktober 2014
Komite Sekolah,
Kepala Sekolah,










JENAL MUTAQIN
H. RAHMAT HIDAYAT, S.Pd.



Menyetujui,
Kepala Bidang SMA/SMK
Kabupaten Bandung Barat,







HASANUDIN, S.Pd., MM.
NIP. 19670604199412101001













KATA PENGANTAR

            Keberkahan dan keselamatan yang selalu dilimpahkan kepada kita semua merupakan tanda kebesaran, kasih dan sayangnya Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Kami panjatkan rasa syukur kehadirat-Nya, yang pada saat ini dapat menyusun satu proposal untuk kepentingan dunia pendidikan Indonesia, khususnya untuk pengembangan sarana dan prasarana belajar mengajar di SMK AL-QOHHARIYYAH.
            Maksud dan tujuan dari proposal ini merupakan gambaran dari program pengembangan pendidikan yang akan dilaksanakan di SMK AL-QOHHARIYYAH Kabupaten Bandung Barat  tahun 2014 dan pijakan bagi program pengembangan selanjutnya, terutama program pembangunan fasilitas sarana dan prasarana belajar mengajar. Selain itu sebagai acuan dan pertimbangan kepada instansi pemerintah terkait dan lembaga sponsor peduli pendidikan Indonesia, untuk memberikan pemahaman dan partisipasi aktif dalam membantu pembangunan pendidikan dan peningkatan mutu lulusan lembaga pendidikan SMK AL-QOHHARIYYAH Kabupaten Bandung Barat.
            Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan sumbang saran, pendapat, dan partisipasi aktif dalam mendukung program pembangunan fasilitas sarana dan prasarana di SMK AL-QOHHARIYYAH.

Bandung Barat, 06 Oktober 2014
Kepal SMK AL-QOHHARIYYAH



H. RAHMAT HIDAYAT, S.Pd.











DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR...........................................................................................................
DAFTAR ISI........................................................................................................................
BAB I       PENDAHULUAN................................................................................................
A.    Latar Belakang..............................................................................................
B.    Tujuan...........................................................................................................
C.   Manfaat.........................................................................................................
BAB II      KOMPENTESI KEALIAN DAN DATA SISWA..................................................
BAB III     PROGRAM PENGEMBANGAN SARANA.......................................................
BAB IV     PENDANAAN.....................................................................................................
BAB VI     PENUTUP..........................................................................................................
LAMPIRAN-LAMPIRAN




















Description: LOGO YA2SNYAYASAN  PENDIDIKAN  ISLAM AL-QOHHARIYYAH
SMK AL-QOHHARIYYAH
Alamat : Jl. Cibodas RT 01 RW 14 Desa Bunijaya Kecamatan Gununghalu
Kabupaten Bandung Barat Kode Pos 40565 Telp. 081 809 420 514

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Pembangunan Nasional sebagaimana diamanatkan dalam GBHN pada hakekatnya adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Pembangunan yang ditujukan pada terciptanya kesejahteraan lahir bathin tersebut menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa.
Pembangunan Nasional dibidang pendidikan pada hakekatnya adalah upaya untuk lebih mencerdaskan kehidupan anak bangsa agar memiliki masa depan yang berbudi pekerti luhur, profesional, inovatif, kreatif, bertaqwa dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga mampu membangun bangsa dan negara tercinta ini. Untuk mencapai tujuan tersebut kiranya diperlukan sarana dan prasarana yang memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh DEPDIKNAS.
Yayasan Pendidikan SMK AL-QOHHARIYYAH dengan keterbatasan yang dimiliki berusaha secara aktif berperan serta melaksanakan amanat GBHN tersebut dengan menyelenggarakan pendidikan yang terjangkau bagi masyarakat tidak mampu dengan tujuan mendidik putra-putri bangsa menjadi manusia yang berguna bagi nusa, bangsa dan agama.
Proposal ini dengan maksud dan tujuan untuk mendapatkan bantuan Ruang Kelas Baru (RKB) SMK AL-QOHHARIYYAH.

B.   Tujuan
Adapun tujuan yang dicapai dari pembangunan sarana dan prasarana tersebut di atas adalah sebagai berikut:
1.    Meningkatkan mutu pendidikan melalui optimalisasi dan efektivitas pembelajaran.
2.    Meningkatkan peran serta dan tanggung jawab masyarakat terhadap pendidikan.
3.    Merangsang animo masyarakat untuk tetap menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

C.   Manfaat
  1. Untuk meningkatkan mutu pendidikan dan lulusan di SMK AL-QOHHARIYYAH sebagai perwujudan dan peningkatan mutu pendidikan nasional di Negara Republik Indonesia.
  2. Untuk memperlancar proses belajar mengajar di lingkungan SMK AL-QOHHARIYYAH, terutama dalam penciptaan suasana dan pengefektifan proses belajar mengajar yang kondusif.
  3. Untuk memberikan rasa kebanggaan dan kenyamanan kepada warga belajar dan perangkat pengelola pendidikan di SMK AL-QOHHARIYYAH.

























BAB II
KOMPOTENSI KEAHIAN YANG DIBUKA

Program keahlian yang dibutuhkan wilayah
Kebijakan pemerintah kabupaten Bandung Barat selalu berupaya memulihkan kehidupan masyarakat agar selalu kondusif dan peka terhadap pembangunan pendidikan. Oleh sebab itu sebagaimana yang telah dilaksanakan dalam memantapkan pembangunan khususnya dibidang pendidikan berpedoman kepada :
A.        Tahap penyelamatan (rescue)
B.        Tahap pemlihan (recovery)
C.        Tahap pemantapan (developmen)
Untuk itu pembangunan di kabupaten mengarah kepada :
a)    Peningkatan kwalitas dan pemantapan sumber daya manusia dengan terus membangkitkan dan memelihara rasa cinta tanah air yang melandasi kasadaran kebangsaan, semangat pengabdian tekad untuk membangun masa depan bangsa hingga berkembang menjadi sikap mental dan sikap hidup yang mendorong percepatan proses pembangunan.
b)    Peningkatan Ilmu pengetahuan dan teknologi untuk membina kesadaran masyarakat dalam berbangsa dan bernegara, untuk merealisasikan kewenangan yang diberikan pusat kepada daerah, maka kabupaten Bandung Barat telah menyusun suatu konsep pembangunan daerah dimana salah satu dinataranya pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) yang berkwalitas.
Hal-hal yang menjadi pertimbangan penting usulan pendirian / penyelenggaraan SMK adalah sebagaia berikut :
1.            Animo calon siswa untuk masuk sekolah kejuruan cukup besar
2.            Lokasi SMK AL-QOHHARIYYAH Kab. Bandung Barat sangat strategis dapat menampung dari kecamatan terdekat atau sekitarnya.
3.            Jumlah SMP/MTs Yang ada di daerah cukup banyak
4.            Perwujudan SMK AL-QOHHARIYYAH dapat membuka lebar sarana pendidikan yang memenuhi kebutuhan masyarakat dibidang industri.
Diuraikan diatas dapat diketahui jika keberadaan penyelenggaraan SMK AL-QOHHARIYYAH Kab. Bandung Barat dapat memberikan banyak manfaat terutama dalam memenuhi dunia usaha dan mempersiapkan diri di era pasar global.
Era globalisasi pasar bebas mengakibatkan persaingan yang ketat dan keras antar bangsa. Dalam situasi ini sangat terasa peranan sumber daya manusia yang terdidik dan terampil
Kebijakan tersebut sangatlah membantu memberikan motifasi bagi SMK yang baru untuk mengarahkan tamatannya agar mempunyai peluang yang semakin besar untuk memasuki lapangan kerja baik di dalam maupun di luar negeri serta menjadi insani yang mandiri.
Program Keahlian yang sedang berjalan dan komposisi kelas
No
Bidang Keahlian
Program Keahlian
1
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Teknik Komputer dan Jaringan
2


3


Jumlah

Bidang program keahlian ini menyiapkan siswa untuk dapat memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap propesional dibidangnya
Siswa diharapkan mampu mengembangkan diri dalam bidangnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Program ini juga sekaligus menyiapkan siswa untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan dunia Industri pada bidangnya.
Semua siswa yang mengikuti program dalam SMK ini dihaparkan tidak terlalu tergantung dalam mencari pekerjaan kerana dapat ia ciptakan sendiri siap untuk menjadi insani mandiri.
Sebagai awal pengenalan pada dunia industri akan diadakan prakerin (praktek kerja industri) setiap tahunnya. Ini bertujuan bahwa siswa SMK berusaha untuk menyiapkan tamatannya agar menjadi warga negara yang produktif dan adaktif.
Keberadaan SMK AL-QOHHARIYYAH adalah untuk memenuhi tuntutan dinamika pembangunan dan kebutuhan masyarakat, karena itu SMK AL-QOHHARIYYAH harus mampu membina, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan keagamaan kepada masyarakat secara institusional, seliain itu SMK AL-QOHHARIYYAH dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk tumbuhnya kegiatan pembanagunan.
Upaya pencapaian kondisi yang maksimal untuk tumbuhnya kegiatan pembangunan yang seimbang dalam pencapaian target sasaran diatas diperlukan berbagai upaya pendekatan yang serasi dan menyenangkan oleh semua pihak yang terkait, salah satu upaya yang dianggap strategis untuk melahirkan sebuah lingkungan pendidikan yang mempunyai nilai tambah baik secara insaniyah maupun kearipan imani maupun secara ekonomi adalah penyelenggaraan SMK dan pemenuhan sarana prasarana pendidikan yang sesuai.
A.   Kompetensi Keahlian Yang Dikembangkan
Dari hasil analisis jumlah siswa dari tahun ketahun jumlah siswa yang selalu meningkat dari segi jumlah siswa yaitu bidang keahlian / kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan, sangat tepat dikembangkan di SMK AL-QOHHARIYYAH untuk mengembangkan kreativitas dengan berbekal bakat dan minat siswa, sehingga perkembangan kompetensi ini cukup baik. Kompetensi Keahliann ini dikembangkan dengan keunggalan dalam hal perbaikan (maintenence) komputer, mengingat sekarang adalah era komputerisasi sehingga prospek keahlian ini sangat menjanjikan (prospektif) untuk life skills out came siswa.

B.   Data Siswa dan Data Penerima Siswa
Keadaan Siswa SMK AL-QOHHARIYYAH Tahun Ajaran 2013-2014








BAB III
PROGRAM PENGEMBANGAN SARANA SMK AL-QOHHARIYYAH

PROFIL SEKOLAH

A.   DATA YAYASAN
Nama Lembaga                            : YAYASAN PENDIDIKAN  ISLAM AL-QOHHARIYYAH
Notaris                                           : IIN ABDUL JALIL, S.H, SpN.
                                                        C-340 HT.03.01-TH-2001Tanggal 28 Mei 2009
Akta Notaris Nomor                      : 27
Tanggal                                         : 28 Mei 2009
Alamat                                           : Jl. Cibodas RT 01 RW 14 Ds. Bunijaya
  Kec. Gununghalu Kab. Bandung Barat
Telepon                                         : 08522081825-087824080852
B.   IDENTITAS SEKOLAH
Nama Sekolah                              : SMK AL-QOHHARIYYAH
Status Sekolah                              : Swasta
NPSN                                            :
NSS                                              : 322022324088
Program Keahlian                         : Teknik Komputer Jaringan
SK Izin Operasional                      : 421.3/4151.disdikpora 2013
Tanggal SK Izin Operasional        : 17 September 2014
Yayasan Penyelenggara              : YAYASAN PENDIDIKAN  ISLAM AL-QOHHARIYYAH
No. Rekening                                :
Nama Bank                                   : Bank Jabar Banten (BJB)
Alamat Sekolah                            : Jl. Cibodas RT 01 RW 14 Ds. Bunijaya
Kec. Gununghalu Kab. Bandung Barat
No. Telp                                        : 081 809 420 514
C.   IDENTITAS KEPALA SEKOLAH
Nama                                            : H. Rahmat Hidayat, S.Pd.
Tempat Tanggal Lahir                   : Bandung, 04/13/1970
Pendidikan Terakhir                      : S1
Agama                                          : Islam
Alamat Rumah                              : Jl. Cibodas RT 01 RW 14 Ds. Bunijaya
Kec. Gununghalu Kab. Bandung Barat 40565




VISI, MISI, TUJUAN DAN STRATEGI

A.    Visi
Menjadikan SMK AL-QOHHARIYYAH sebagai Institusi Terdepan dan Unggulan, Beriman, Bertaqwa, teguh, Berilmu Luas, Beramal Ikhlas, Berakhlakul Karimah, Mandiri, Kreatif dan Inspiratif.
B.    Misi
  1. Mengembangkan sikap dan ketrampilan peserta didik dalam keahlian Teknik Komputer dan Jaringan
  2. Menguasai ketrampilan dalam mengoperasikan Komputer
  3. Menguasai ketrampilan dalam penggunaan Hardware, Software dan Brainware
  4. Mampu mengembangkan pembuatan multimedia yang relevan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat
C.    Tujuan
1.    Meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dan pelatihan sesuai dengan kebutuhan pelanggan utama Dunia Usaha dan Dunia Industri.
2.    Senantiasa mengupayakan peningkatan kesejahteraan seluruh staf (tata laksanan dan tenaga pendidik).
3.    Mengembangkan bakat, minat dan potensi siswa.
4.    Mencetak tenaga kerja yang Professional Teknokrat dan Cendikiawan Muslim yang berguna bagi bangsa, Agama dan Negara Republik Indonesia.
D.    Sasaran dan Strategi
1.    Mensosialisasikan Visi, Misi dan Tujuan Sekolah kepelosok-pelosok daerah tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan dan sampai ke tingkat akar rumput khususnya wilayah kabupaten bandung barat
2.    Merekrut siswa yang mempunyai keinginan untuk melanjutkan ke SMK (sekolah Menengah Kejuruan) umumnya yang mampu dan khususnya yang tidak mampu.
3.    Meminta bantuan dana operasional kepada Dinas Pendidikan dan kebudayaan baik kabupaten, Propinsi, Pusat, Perusahaan dan instansi lainnya.
4.    Menjalin kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri Pemerintah atau Swasta dalam upaya menyalurkan para lulusan sebagaimana diharapkan oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri yang bertarap nasional maupun Internasional.
5.    Memberdayakan secara optimal semua potensi sumber daya sekolah dalam rangka mewujudkan pelayanan prima pada masyarakat.




KEADAAN SISWA SMK AL-QOHHARIYYAH TAHUN AJARAN 2013-2014
Data sarana dan Prasarana

No
Jenis Sarana Prasarana
Jml Ruang
Kategori Ruangan

Baik
Rusak Ringan
Rusak Sedang
Rusak Berat

       1.             
Ruang Kelas
2
2
-
-
-

       2.             
Perpustakaan
-
-
-
-
-

       3.             
R. Lab. PAI
-
-
-
-
-

       4.             
R. Lab. Biologi
-
-
-
-
-

       5.             
R. Lab. Fisika
-
-
-
-
-

       6.             
R. Lab. Kimia
-
-
-
-
-

       7.             
R. Lab. Komputer
1
1
-
-
-

       8.             
R. Lab. Bahasa
-
-
-
-
-

       9.             
R. Kepala Sekolah/Wakasek
-
-
-
-
-

    10.             
R. Guru
-
-
-
-
-

    11.             
R. Tata Usaha
-
-
-
-
-

    12.             
R. Bimbingan Konseling
-
-
-
-
-

    13.             
R. Tempat Ibadah
-
-
-
-
-

    14.             
R. UKS
-

-
-
-

    15.             
Jamban Siswa dan Guru
2
2
-
-
-

    16.             
Gudang
1
-
1
-
-

    17.             
R. Sirkulasi
-
-
-
-
-

    18.             
Tempat Olahraga
-
-
-
-
-

    19.             
R. OSIS
-
-
-
-
-

    20.             
R. Kegiatan Siswa
-
-
-
-
-

    21.             
R. Lainnya
-
-
-
-
-



Data Pendidik dan Tenaga kependidikan

No
Status Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Jumlah

A.
Pendidik


1.
Guru PNS diperbantukan tetap
-

2.
Guru tetap yayasan
14

3.
Guru honorer
-









B.
Tenaga Kependidikan


1.
KTU
1

2.
Staff TU





C.
Tenaga lainnya



1.
Penjaga Sekolah/ Kebersihan

Jumlah Personal
15



BAB IV
PENDANAAN

A.   Renana Anggaran Biaya
(terlampir)

B.   Rekapitulasi Anggaran Biaya
(terlampir)































BAB V
PENUTUP

            SMK AL-QOHHARIYYAH dalam menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) sesuai dengan Visi dan Misi Sekolah akan terus berupaya pada penyiapan Sumber Daya Manusia yang Unggul sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, namun dalam mengimplementasikannya tentu kami masih sangat membutuhkan bimbingan, motivasi dan perhatian antara lain dari Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat, dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, dari Direktorat Dikmenjur, dari Masyarakat.
            Akhirnya kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Gubernur Jawa Barat, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat beserta staf, kepada Kepala Dinas Provinsi Jawa Barat beserta staf yang selalu memberikan bimbingan, motifasi dan perhatian kepada SMK AL-QOHHARIYYAH, semoga Allah SWT selamanya memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kita semua dan kami berharap dengan disusunnya proposal ini, SMK AL-QOHHARIYYAH mendapat kesempatan untuk mendapatkan perhatian dan dapat menyelenggarakan proses Belajar Mengajar dengan sebaik-baiknya.
            Atas Perhatian dan Bantuannya, kami ucapkan terima kasih.



Bandung Barat, 06 Oktober 2014

Kepala Sekolah,











H. RAHMAT HIDAYAT, S.Pd.





























LAMPIRAN-LAMPIRAN

















Description: LOGO YA2SNYAYASAN  PENDIDIKAN  ISLAM AL-QOHHARIYYAH
SMK AL-QOHHARIYYAH
Alamat : Jl. Cibodas RT 01 RW 14 Desa Bunijaya Kecamatan Gununghalu
Kabupaten Bandung Barat Kode Pos 40565 Telp. 081 809 420 514

KEPUTUSAN KEPALA SMK AL-QOHHARIYYAH
NOMOR : 001/SMK-AQ/X/2014

TENTANG

PEMBENTUKAN TIM PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU (RKB)

KEPALA SEKOLAH SMK AL-QOHHARIYYAH
Menimbang         :    Bahwa dalam rangka persiapan dan pelaksanaan program bantuan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB), perlu dibentuk Tim Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB);

Mengingat           : 1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;  
                              2.  Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2013 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2014;
                              3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan beserta perubahannya;
                              4. Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan;
                               5.  Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 sebagaimana telah dirubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
                               6.  Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah beserta perubahannya serta Peraturan Presiden Nomor 84 Tahun 2012 tentang Pengadaan Barang/jasa Pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat;
                               7.  Peraturan Presiden RI Nomor 73 tahun 2011 tentang Pembangunan Bangunan Gedung Negara;
                               8. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum nomor 45/PRT/M/2007 tentang Pedoman Teknis Pembangunan Bangunan Negara;
                               9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 40 tahun 2008 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).



MEMUTUSKAN
Menetapkan        :
PERTAMA          :      Membentuk Tim Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB), seperti nama-nama terlampir.

KEDUA               :      Tugas dan tanggung jawab Tim Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) seperti tertuang dalam Juknis antara lain sebagai berikut :
1.    Membuat program kerja pelaksanaan, yang berisi :
a.    Jadual dan urutan pekerjaan;
b.    Menyiapkan/ mengadakan peralatan penunjang dan bahan dengan memperhatikan standar kualitas yang berlaku.
2.    Membantu sekolah dalam hal :
a.    Membentuk Tim Pelaksana Ruang Kelas Baru (RKB) antara lain kepala tukang, tukang, dan pekerja;
b.    Pembelian/Pengadaan bahan bangunan dan alat penunjang, dilengkapi dengan bukti-bukti kuitansi pembayaran;
c.    Menyusun laporan hasil pelaksanaan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) dilengkapi dengan realisasi pertanggungjawaban penggunaan dana bantuan (antara lain : rekapitulasi penggunaan dana dan pajak) dan teknis (antara lain: gambar site plan, gambar kerja, Rencana Anggaran Biaya (RAB)) dilengkapi foto-foto hasil pelaksanaan pekerjaan pembangunan sesuai dengan Petunjuk Teknis Penyusunan Laporan dan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan SMK. Laporan tersebut disampaikan kepada Direktorat Pembinaan SMK yang disetujui Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dengan tembusan kepada Dinas Pendidikan Propinsi.

KETIGA               :      Tim Pembangunan SMK bertanggungjawab kepada kepala SMK/ Pejabat Pembuat Komitmen SMK AL-QOHHARIYYAH.

KEEMPAT          :      Biaya pelaksanaan tugas dimaksud dalam diktum kedua dibebankan pada SMK AL-QOHHARIYYAH.

KELIMA               :      Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuan akan diperbaiki sebagaimana mestinya jika dikemudian hari terdapat kekeliruan.

Ditetapkan di : Bandung Barat
Pada tanggal : 06 Oktober 2014
Kepala SMK AL-QOHHARIYYAH






H. RAHMAT HIDAYAT, S.Pd.














Tembusan :
1. Direktur Pembinaan SMK;
2. Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat
3. Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat
4. Yang bersangkutan
Lampiran         : Surat Keputusan Kepala SMK AL-QOHHARIYYAH
Nomor             : 001/SMK-MP1/X/2014
Tanggal           : 06 Oktober 2014

Tim Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB)
SMK AL-QOHHARIYYAH

NO
NAMA
UNSUR
JABATAN DALAM TIM
1.
H. RAHMAT HIDAYAT, S.Pd.
Sekolah
Ketua Tim
2.
Muhammad Dasep Ma'ruf
Sekolah
Sekretaris
3.
Pepen Supendi, S.Pd.
Sekolah
Anggota
4.
Dani Sapa'at
Masyarakat
Anggota
5.
Parman
Masyarakat
Anggota

Ditetapkan di : Bandung Barat
Pada tanggal : 06 Oktober 2014
Kepala SMK AL-QOHHARIYYAH





H. RAHMAT HIDAYAT, S.Pd.



















Description: LOGO YA2SNYAYASAN  PENDIDIKAN  ISLAM AL-QOHHARIYYAH
SMK AL-QOHHARIYYAH
Alamat : Jl. Cibodas RT 01 RW 14 Desa Bunijaya Kecamatan Gununghalu
Kabupaten Bandung Barat Kode Pos 40565 Telp. 081 809 420 514

KEPUTUSAN KEPALA SMK AL-QOHHARIYYAH
NOMOR : 002/SMK-AQ/X/2014

TENTANG

PEMBENTUKAN TIM PERENCANA DAN PENGAWASAN
PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU (RKB)

KEPALA SEKOLAH SMK AL-QOHHARIYYAH
Menimbang         :  1.  Bahwa dengan akan dibangunnya Ruang Kelas Baru (RKB)untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) AL-QOHHARIYYAH Tahun Ajaran 2014;
                               2.  Bahwa dalam rangkan kegiatan pelaksanaan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) perlu dibentuk Tim Perencana dan Pengawasan Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB);

Mengingat           : 1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional; 
                              2.  Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2013 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2014;
                              3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan beserta perubahannya;
                              4. Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan;
                               5.  Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 sebagaimana telah dirubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
                               6.  Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah beserta perubahannya serta Peraturan Presiden Nomor 84 Tahun 2012 tentang Pengadaan Barang/jasa Pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat;
                               7.  Peraturan Presiden RI Nomor 73 tahun 2011 tentang Pembangunan Bangunan Gedung Negara;
                               8. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum nomor 45/PRT/M/2007 tentang Pedoman Teknis Pembangunan Bangunan Negara;
                               9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 40 tahun 2008 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).

MEMUTUSKAN
Menetapkan        :
PERTAMA          :      Membentuk Tim Perencana dan Pengawasan Ruang Kelas Baru (RKB), seperti nama-nama terlampir.

KEDUA               :      Tim Perencana dan Pengawasan Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) mempunyai tugas :
1.    Tahan Perencana
a.    Melakukan pendataan kondisi lahan dan bangunan yang ada;
b.    Membuat gambar rencana bangunan harus sesuai dengan konstruksi tahan gempa yang tediri dari:
1)    Tata letak bangunan (site plan);
2)    Desanh, tampak, potongan bangunan;
3)    Gambar detail pondasi;
4)    Gambar detail kolom, balok, sloof;
5)    Gambar detail kuda-kuda;
6)    Gambar detail pintu dan jendela;
7)    Gambar rencana plafon;
8)    Gambar rencana lantai;
9)    Gambar instalasi penerangan dan pembuangan air kotor;
c.    Melakukan servei harga satuan bahan dan upah;
d.    Menyusun analisa harga satuan pekerjaan (kebutuhan bahan, tenaga kerja, dan upah kerja);
e.    Membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) pekerjaan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB);
f.     Membuat jadual pelaksanaan pekerjaan.
2.    Tahap Pengawasan
a.     Membantu Tim Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) mengarahkan dan membimbing setiap hari kepada pelaksana selama pekerjaan berlangsung;
b.    Mengawasi, memeriksa kualitas dan kuantitas bahan yang diterima dilokasi;
c.     Mengawasi, memeriksa dan mengevaluasi kemajuan pekerjaan pembangunan;
d.    Membantu Tim Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) dalam pelaksanaan pembangunan yang terdiri:
1)     Jadual pelaksanaan;
2)     Laporan kemajuan pekerjaan (laporan mingguan);
3)     Berita Acara Kemajuan Pekerjaan 100% dilampiri dengan laporan kemajuan pekerjaan (100%);
4)     Berita Acara Serah Terima Pekerjaan dari Tim Pembangunan kepada Kepala Sekolah dan dilengkapi dengan foto dokumentasi yang menunjukkan kondisi 0% sampai dengan 100%.

KETIGA                 :    Tim Perencana dan Pengawas bertanggungjawab kepada kepala SMK AL-QOHHARIYYAH.
KEEMPAT             :    Biaya pelaksanaan tugas dimaksud dalam diktum kedua dibebankan pada SMK AL-QOHHARIYYAH.
KELIMA                 :    Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuan akan diperbaiki sebagaimana mestinya jika dikemudian hari terdapat kekeliruan.

Ditetapkan di : Bandung Barat
Pada tanggal : 06 Oktober 2014
Kepala SMK AL-QOHHARIYYAH






H. RAHMAT HIDAYAT, S.Pd.

Tembusan :
1. Direktur Pembinaan SMK;
2. Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat
3. Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat
4. Yang bersangkutan
Lampiran         : Surat Keputusan Kepala SMK AL-QOHHARIYYAH
Nomor             : 002/SMK-AQ/X/2014
Tanggal           : 06 Oktober 2014

Tim Perencana dan Pengawasan
Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) SMK AL-QOHHARIYYAH

NO
NAMA
UNSUR
SPESIALISASI
JABATAN
1.
Asep Nurul Hikmat, ST.
Sekolah/Masyarakat
T. Arsitek/T. Sipil*
Ketua Tim
2.
Arop
Sekolah/Masyarakat
T. Sipil/ Bangunan*
Anggota
3.
Idin
Sekolah/Masyarakat
T. Sipil/ Bangunan*
Anggota
4.
Arip
Sekolah/Masyarakat
Drafter/Juru Gambar*
Anggota
5.
H. Jamil Ihsan Faruk
Sekolah/Masyarakat
Pengawas Bangunan * 
Anggota

Ditetapkan di : Bandung Barat
Pada tanggal : 06 Oktober 2014
Kepala SMK AL-QOHHARIYYAH





H. RAHMAT HIDAYAT, S.Pd.
























FOTO LOKASI TANAH YANG AKAN DIBANGUN
SMK AL-QOHHARIYYAH
BANDUNG BARAT























1 komentar: