Senin, 07 September 2015

ADMINISTRASI GURU PIKET

 SMK AL-QOHHARIYYAH
KABUPATEN BANDUNG BARAT

TUGAS POKOK DAN FUNGSI GURU PIKET

 Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam :
·      meningkatkan pelaksanaan 7 K;
1.    KEAMANAN
2.    KEBERSIHAN
3.    KEIMANAN
4.    KEKELUARGAAN
5.    KERINDANGAN
6.    KERAPIHAN
7.    KEINDAHAN.
·      mengadakan pendataan dan mengisi buku piket;
·      mengatur jalannya pembelajaran sesuai jadwal;
·      menertibkan kelas yang kosong dan menginvalnya;
·      menghubungi orang tua siswa yang putra/putrinya tidak masuk tanpa keterangan;
·      mencatat guru dan siswa : yang terlambat, melanggar tatib, pulang belum waktunya, dan kejadian - kejadian penting untuk dapat menyelesaikannya;
·      mengawasi siswa sewaktu berada di luar kelas beristirahat dan keliling kelas dan mengingatkan siswa yang berada di dalam kelas;
·      guru piket harus hadir 15 menit sebelum bel masuk; 
·      melaporkan kasus-kasus yang bersifat khusus kepada wali kelas;
·      mengawasi berlakunya tata tertib sekolah;  



Bandung Barat, 27 Juli 2015
Kepala Sekolah,




H. Rahmat Hidayat
Nip. -





 











BERITA ACARA
PELAKSANAAN TUGAS PIKET KEGIATAN PEMBELAJARAN
SEMESTER GANJIL/GENAP
TAHUN PELAJARAN 2015/2016







SMK AL-QOHHARIYYAH


                          

                             









YAYASAN  PENDIDIKAN  ISLAM AL-QOHHARIYYAH
SMK AL-QOHHARIYYAH
Alamat : Jl. Cibodas RT 01 RW 14 Desa Bunijaya Kecamatan Gununghalu
Kabupaten Bandung Barat Kode Pos 40565 Telp. 081 809 420 514







BERITA ACARA
PELAKSANAAN TUGAS PIKET KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

A.      Jadwal Kegiatan Pembelajaran
1.    Hari, Tanggal              : ………………………………………………………..
2.    Kegiatan PBM            : Dimulai Pukul 07.15 dan berakhir Pukul …………….
3.    Kelas                           : ...............
4.    Jadwal Kegiatan         :          
Jam ke
Waktu
Keterangan Kode
A
B
C
D
Guru
Mata Pelajaran
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10







11







12







13







14







15







A= KELAS X-AP
B= KELAS X-TKJ
C= KELAS XI-AP
D= KELAS XII-TKJ
B.       Keterangan Peserta Didik
1.    Jumlah Peserta Didik           :
Kelas
Seharusnya
Yang hadir
Tidak hadir
S
I
A
Jumlah
X-AP






X-TKJ






XI-AP






XII-TKJ






Jumlah







2.      Daftar Nama Peserta Didik Yang Tidak Hadir
No
Nama peserta didik / Keterangan ketidakhadiran *)

Ket

Ket

Ket



























































































          *) bila tidak cukup, dilanjutkan di belakang format ini.

C.    Keterangan Pendidik
1.      Jumlah Pendidik :
Kelas
Seharusnya
Yang hadir
Tidak hadir
S
I
A
Jumlah
X-AP






X-TKJ






XI-AP






XII-TKJ






Jumlah







2.    Daftar Nama Pendidik Yang Tidak Hadir
No
Nama Pendidik
Mata Pelajaran
Kelas
Ket
Tdk Hdr
Keterangan Tugas Siswa
Tugas
Tanpa Tugas











































D.      Keterangan Tugas Invaler
No
Mata Pelajaran
Materi Pokok
Kelas
Jenis Tugas Peserta Didik








































E.       Catatan penting selama proses pembelajaran (pelaksanaan K 7, pendidik dan peserta didik yang terlambat, melanggar tatib, serta pulang belum waktunya)
Realisasi Pelaksanaan K-7
Pendidik dan peserta didik yang terlambat, melanggar tatib, serta pulang belum waktunya















Mengetahui,                                                                            Rujukan, …………………
Kepala Sekolah                                                                       Petugas Piket,



H. Rahmat Hidayat                                                               ____________
Nip.                                                                                         Nip.



7 K  DALAM PELAKSANAAN SEHARI-HARI.

7 K meliputi :
1.    KEAMANAN
2.    KEBERSIHAN
3.    KEIMANAN
4.    KEKELUARGAAN
5.    KERINDANGAN
6.    KERAPIHAN
7.    KEINDAHAN.

Bagimana Penerapannya ?
1.    Keamanan.
·         Aman , adalah bebas dari gangguan   seseorang/ sekelompok orang/lingkungan.
·         Aman, adalah hak mendasar yang harus dimiliki manusia.
·         Aman, meliputi : aman dalam lingkungan belajar, bekerja, maupun mengeluarkan pendapat.
·         Dalam pelaksanaannya meliputi : kita mulai pada diri kita sendiri, saling menjaga,menghindari konflik antar teman, berani membela hak dan kebenaran, menciptakan susasana aman di sekolah./ lingkungan sekolah.
2.    Kebersihan.
·         Bersih, adalah tempat atau lingkungan , bebas dari sampah, debu, sehingga nampak sedap dipandang.
·         Kebersihan merupakan modal utama kesehatan, kebersihan merupakan sebagian dari iman seseorang.
·         Kebersihan meliputi : bersih tempat tinggal, tempat belajar/ kelas, sekolah/ lingkungan sekolah, tempat ibadah, tempat bekerja.
·         Pelaksannannya meliputi : mulai dari dari diri kita, menciptakan kebersihan dalam kelas, lingkungan kelas, halaman sekolah/ lingkungan sekolah,membuang sampah pada tempatnya jika habis jajan, tidak mencoret-coret bangku/ meja, dinding kelas/ sekolah dengan tip-ex, spidol.
3.    Kekeluargaan.
·         Kekeluargaan, adalah hubungan yang erat antar orang-orang dalam rumah, kelas, sekolah/ OSIS, kantor/ tempat bekerja, dan masyarakat.
·         Kekeluargaan merupakan dasar dasar persatuan, modal utama dalam masyarakat/ lingkungan untuk ketentaraman, bahkan modal majunya sekolah.
·         Kekeluargaan bisa tercapai manakala tidak ada rasa curiga, saling percaya, saling menghargai,kerja sama dan rukun.
·         Pelaksanaannya adalah : kita harus saling menghargai, mengayomi, tidak mencari selamat diri sendiri, menyenguk jika teman jika sakit, menolong sesama siswa.
4.    Keimanan.
·         Iman, adalah kita percaya Allah SWT ada.
·         Biasanya Iman dimanifestasikan dalam ibadah.
·         Iman merupakan landasan penting dalam belajar, dan bekerja.
·         Pelaksanannya adalah : merayakan hari keagamaan bersma di sekolah misalnya korban, hari raya idul fitri, mendirikan pengajian rutin, mejelis taklim untuk kajian agama di sekolah.



5.    Kerindangan.
·         Rindang atau sejuk, adalah lingkungan yang mempunyai sisrkulasi udara yang baik, dengan adanya tanaman yang menyejukan, serta bebas dari polusi udara.
·         Pelaksanaanya adalah : menanami halaman / lingkungan sekolah dengan pepohonan yang bermanfaat, taman depan kelas dengan berbagai tamanan bunga, rajin menyiangi dan menyirami ,
6.    Kerapihan.
·         Rapih, adalah suasana harmonis dalam dalam diri kita,keluarga , sekolah, kantor, atau lingkungan sekitar.
·         Pelaksaannya, adalah : rapih dari cara kita berpakaian, memakai seragam sekolah sesuai dengan aturan yang ditetapkan, menata ruang kelas dengan baik misalnya jadwal piket, gambar pahawan, presiden dan wkill presiden dan lambing negara.
7.    Keindahan.
·         Indah adalah suasana asri enak di pandang mata yang menyangkut lingkungan sekolah kita,.
·         Keindahan bisa tercapai manakala keamanan, kebersihan, keimanan, kekeluargaan, kerindangan dan kerapihan  tercapai.
·         Pelaksaannya adalah : dengan menciptakan rasa aman, suasana bersih, iman, kebersamaan, kerindangan, dan penataan yang apik.


Dengan terciptanya 7 K, kita akan merasa betah dan nyaman disekolah tempat kita belajar dan bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar