KABUPATEN BANDUNG BARAT
TUGAS POKOK DAN FUNGSI GURU PIKET
Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala
Sekolah dalam :
·
meningkatkan pelaksanaan 7 K;
1.
KEAMANAN
2.
KEBERSIHAN
3.
KEIMANAN
4.
KEKELUARGAAN
5. KERINDANGAN
6.
KERAPIHAN
· mengadakan
pendataan dan mengisi buku piket;
· mengatur
jalannya pembelajaran sesuai jadwal;
· menertibkan
kelas yang kosong dan menginvalnya;
· menghubungi
orang tua siswa yang putra/putrinya tidak masuk tanpa keterangan;
· mencatat guru
dan siswa : yang terlambat, melanggar tatib, pulang belum waktunya, dan
kejadian - kejadian penting untuk dapat menyelesaikannya;
· mengawasi siswa
sewaktu berada di luar kelas beristirahat dan keliling kelas dan mengingatkan
siswa yang berada di dalam kelas;
· guru piket
harus hadir 15 menit sebelum bel masuk;
· melaporkan
kasus-kasus yang bersifat khusus kepada wali kelas;
· mengawasi
berlakunya tata tertib sekolah;
Bandung Barat, 27 Juli 2015
Kepala Sekolah,
H. Rahmat Hidayat
Nip. -
BERITA ACARA
PELAKSANAAN TUGAS
PIKET KEGIATAN PEMBELAJARAN
SEMESTER GANJIL/GENAP
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
SMK AL-QOHHARIYYAH
YAYASAN PENDIDIKAN
ISLAM AL-QOHHARIYYAH
SMK
AL-QOHHARIYYAH
Alamat : Jl. Cibodas RT 01 RW 14 Desa Bunijaya Kecamatan
Gununghalu
Kabupaten Bandung Barat Kode Pos 40565 Telp. 081 809 420
514
BERITA ACARA
PELAKSANAAN TUGAS PIKET KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
A.
Jadwal Kegiatan Pembelajaran
1.
Hari, Tanggal :
………………………………………………………..
2.
Kegiatan PBM :
Dimulai Pukul 07.15 dan berakhir Pukul …………….
3.
Kelas : ...............
4.
Jadwal Kegiatan :
Jam ke
|
Waktu
|
Keterangan Kode
|
|||||
A
|
B
|
C
|
D
|
Guru
|
Mata Pelajaran
|
||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
|||||||
11
|
|||||||
12
|
|||||||
13
|
|||||||
14
|
|||||||
15
|
A= KELAS
X-AP
B= KELAS
X-TKJ
C= KELAS
XI-AP
D= KELAS
XII-TKJ
B.
Keterangan Peserta Didik
1.
Jumlah Peserta Didik :
Kelas
|
Seharusnya
|
Yang hadir
|
Tidak hadir
|
|||
S
|
I
|
A
|
Jumlah
|
|||
X-AP
|
||||||
X-TKJ
|
||||||
XI-AP
|
||||||
XII-TKJ
|
||||||
Jumlah
|
2.
Daftar Nama Peserta Didik Yang Tidak Hadir
No
|
Nama
peserta didik / Keterangan ketidakhadiran *)
|
|||||
Ket
|
Ket
|
Ket
|
||||
*) bila tidak cukup, dilanjutkan di
belakang format ini.
C.
Keterangan Pendidik
1.
Jumlah Pendidik :
Kelas
|
Seharusnya
|
Yang hadir
|
Tidak hadir
|
|||
S
|
I
|
A
|
Jumlah
|
|||
X-AP
|
||||||
X-TKJ
|
||||||
XI-AP
|
||||||
XII-TKJ
|
||||||
Jumlah
|
2.
Daftar Nama Pendidik Yang Tidak Hadir
No
|
Nama Pendidik
|
Mata Pelajaran
|
Kelas
|
Ket
Tdk Hdr
|
Keterangan Tugas Siswa
|
|
Tugas
|
Tanpa Tugas
|
|||||
D.
Keterangan Tugas Invaler
No
|
Mata Pelajaran
|
Materi Pokok
|
Kelas
|
Jenis Tugas Peserta Didik
|
E.
Catatan penting selama proses pembelajaran (pelaksanaan K
7, pendidik dan peserta didik yang terlambat, melanggar tatib, serta pulang
belum waktunya)
Realisasi Pelaksanaan K-7
|
Pendidik dan
peserta didik yang terlambat, melanggar tatib, serta pulang belum waktunya
|
Mengetahui, Rujukan,
…………………
Kepala Sekolah Petugas
Piket,
H. Rahmat Hidayat ____________
Nip. Nip.
7 K DALAM
PELAKSANAAN SEHARI-HARI.
7 K meliputi :
1. KEAMANAN
2. KEBERSIHAN
3. KEIMANAN
4. KEKELUARGAAN
5. KERINDANGAN
6. KERAPIHAN
7. KEINDAHAN.
Bagimana Penerapannya ?
1. Keamanan.
·
Aman ,
adalah bebas dari gangguan seseorang/
sekelompok orang/lingkungan.
·
Aman, adalah
hak mendasar yang harus dimiliki manusia.
·
Aman,
meliputi : aman dalam lingkungan belajar, bekerja, maupun mengeluarkan
pendapat.
·
Dalam
pelaksanaannya meliputi : kita mulai pada diri kita sendiri, saling
menjaga,menghindari konflik antar teman, berani membela hak dan kebenaran,
menciptakan susasana aman di sekolah./ lingkungan sekolah.
2. Kebersihan.
·
Bersih,
adalah tempat atau lingkungan , bebas dari sampah, debu, sehingga nampak sedap
dipandang.
·
Kebersihan
merupakan modal utama kesehatan, kebersihan merupakan sebagian dari iman
seseorang.
·
Kebersihan
meliputi : bersih tempat tinggal, tempat belajar/ kelas, sekolah/ lingkungan
sekolah, tempat ibadah, tempat bekerja.
·
Pelaksannannya
meliputi : mulai dari dari diri kita, menciptakan kebersihan dalam kelas,
lingkungan kelas, halaman sekolah/ lingkungan sekolah,membuang sampah pada
tempatnya jika habis jajan, tidak mencoret-coret bangku/ meja, dinding kelas/
sekolah dengan tip-ex, spidol.
3. Kekeluargaan.
·
Kekeluargaan,
adalah hubungan yang erat antar orang-orang dalam rumah, kelas, sekolah/ OSIS,
kantor/ tempat bekerja, dan masyarakat.
·
Kekeluargaan
merupakan dasar dasar persatuan, modal utama dalam masyarakat/ lingkungan untuk
ketentaraman, bahkan modal majunya sekolah.
·
Kekeluargaan
bisa tercapai manakala tidak ada rasa curiga, saling percaya, saling
menghargai,kerja sama dan rukun.
·
Pelaksanaannya
adalah : kita harus saling menghargai, mengayomi, tidak mencari selamat diri
sendiri, menyenguk jika teman jika sakit, menolong sesama siswa.
4. Keimanan.
·
Iman, adalah
kita percaya Allah SWT ada.
·
Biasanya
Iman dimanifestasikan dalam ibadah.
·
Iman
merupakan landasan penting dalam belajar, dan bekerja.
·
Pelaksanannya
adalah : merayakan hari keagamaan bersma di sekolah misalnya korban, hari raya
idul fitri, mendirikan pengajian rutin, mejelis taklim untuk kajian agama di
sekolah.
5. Kerindangan.
·
Rindang atau
sejuk, adalah lingkungan yang mempunyai sisrkulasi udara yang baik, dengan
adanya tanaman yang menyejukan, serta bebas dari polusi udara.
·
Pelaksanaanya
adalah : menanami halaman / lingkungan sekolah dengan pepohonan yang
bermanfaat, taman depan kelas dengan berbagai tamanan bunga, rajin menyiangi
dan menyirami ,
6. Kerapihan.
·
Rapih,
adalah suasana harmonis dalam dalam diri kita,keluarga , sekolah, kantor, atau
lingkungan sekitar.
·
Pelaksaannya,
adalah : rapih dari cara kita berpakaian, memakai seragam sekolah sesuai dengan
aturan yang ditetapkan, menata ruang kelas dengan baik misalnya jadwal piket,
gambar pahawan, presiden dan wkill presiden dan lambing negara.
7. Keindahan.
·
Indah adalah
suasana asri enak di pandang mata yang menyangkut lingkungan sekolah kita,.
·
Keindahan
bisa tercapai manakala keamanan, kebersihan, keimanan, kekeluargaan,
kerindangan dan kerapihan tercapai.
·
Pelaksaannya
adalah : dengan menciptakan rasa aman, suasana bersih, iman, kebersamaan,
kerindangan, dan penataan yang apik.
Dengan terciptanya 7 K, kita
akan merasa betah dan nyaman disekolah tempat kita belajar dan bekerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar