P R O P O S A L
Permohonan Bantuan
Dana Alokasi Khusus (DAK)
Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB)
Tahun Anggaran 2015
YAYASAN PENDIDIKAN
ISLAM AL-QOHARIYAH
SMK AL-QOHHARIYYAH
Program
Keahlian : TKJ
Jl. Cibodas
Rt 01/014, Desa Bunijaya, Kecamatan Gununghalu
Kabupaten Bandung Barat
Provinsi
Jawa Barat Kode Pos 40565 Hp 085220818250-081809895871
YAYASAN
PENDIDIKAN ISLAM AL-QOHHARIYYAH
SMK AL-QOHHARIYYAH
Alamat :
Jl. Cibodas RT 01 RW 14 Desa Bunijaya Kecamatan Gununghalu
Kabupaten Bandung Barat Kode
Pos 40565 Telp. 081 809 420 514
Nomor : 048/
SMK.AQ/X/2014
Lampiran : 1
Berkas Proposal
Hal :
Permohonan Bantuan DAK
Ruang
Kelas Baru (RKB) TA. 2015
Kepada Yth.
Bapak Bupati
Kabupaten Bandung Barat
Melalui :
Kepala Dinas
Pendidikan Pemuda dan Olahraga
Kab. Bandung
Barat
di
Bandung
Asalamualaikum Wr. Wb
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah
melimpahkan rahmat karunia-Nya sehingga kita dapat beraktivitas.
SMK AL-QOHHARIYYAH bergerak dalam bidang pendidikan
berupaya untuk memberikan kontribusi yang baik dalam membina generasi Bangsa.
Kepercayaan dan animo masyarakat sangat
besar untuk mendidik putra putrinya, mengoptimalisasikan kami untuk lebih
mengembangkan lembaga ini terutama kebutuhan terhadap sarana dan prasarana yang
lebih baik dan memadai.
Kebutuhan yang sangat perlu saat ini adalah sarana
kegiatan belajar mengajar berupa penambahan Ruang Kelas Baru (RKB) serta untuk
menunjang peningkatan kualitas pendidikan, oleh karena itu kami mohon kepada
bapak untuk dapat membantu pembangunan dan sarana yang kami perlukan.
Demikian permohonan ini kami kami sampaikan, atas
dukungan dan bantuannya kami ucapkan terimakasih.
Wassalamualaikum Wr.Wb.
|
Bandung Barat, 06
Oktober 2014
|
|
Kepala Sekolah,
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
H. RAHMAT HIDAYAT, S.Pd.
|
LEMBAR PENGESAHAN
Proposal Bantuan DAK Pembangunan
Ruang Kelas Baru (RKB) SMK AL-QOHHARIYYAH Tahun Anggara 2015, telah disetujui
pada tanggal 06 Oktober 2014, oleh ;
Menyetujui,
|
Bandung Barat, 06
Oktober 2014
|
Komite Sekolah,
|
Kepala Sekolah,
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JENAL MUTAQIN
|
H. RAHMAT HIDAYAT, S.Pd.
|
|
|
|
|
Menyetujui,
|
|
Kepala Bidang
SMA/SMK
|
|
Kabupaten
Bandung Barat,
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
HASANUDIN, S.Pd., MM.
|
|
NIP.
19670604199412101001
|
|
|
|
|
KATA PENGANTAR
Keberkahan dan keselamatan yang
selalu dilimpahkan kepada kita semua merupakan tanda kebesaran, kasih dan
sayangnya Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Kami panjatkan rasa syukur kehadirat-Nya,
yang pada saat ini dapat menyusun satu proposal untuk kepentingan dunia
pendidikan Indonesia, khususnya untuk pengembangan sarana dan prasarana belajar
mengajar di SMK AL-QOHHARIYYAH.
Maksud dan tujuan dari proposal ini
merupakan gambaran dari program pengembangan pendidikan yang akan dilaksanakan
di SMK AL-QOHHARIYYAH Kabupaten Bandung Barat
tahun 2014 dan pijakan bagi program pengembangan selanjutnya, terutama
program pembangunan fasilitas sarana dan prasarana belajar mengajar. Selain itu
sebagai acuan dan pertimbangan kepada instansi pemerintah terkait dan lembaga
sponsor peduli pendidikan Indonesia, untuk memberikan pemahaman dan partisipasi
aktif dalam membantu pembangunan pendidikan dan peningkatan mutu lulusan
lembaga pendidikan SMK AL-QOHHARIYYAH Kabupaten Bandung Barat.
Kami ucapkan terima kasih kepada
semua pihak yang telah memberikan sumbang saran, pendapat, dan partisipasi
aktif dalam mendukung program pembangunan fasilitas sarana dan prasarana di SMK
AL-QOHHARIYYAH.
Bandung Barat, 06 Oktober 2014
Kepal SMK AL-QOHHARIYYAH
H. RAHMAT HIDAYAT, S.Pd.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR...........................................................................................................
DAFTAR ISI........................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN................................................................................................
A.
Latar Belakang..............................................................................................
B.
Tujuan...........................................................................................................
C.
Manfaat.........................................................................................................
BAB II KOMPENTESI KEALIAN DAN DATA SISWA..................................................
BAB III PROGRAM PENGEMBANGAN SARANA.......................................................
BAB IV PENDANAAN.....................................................................................................
BAB VI PENUTUP..........................................................................................................
LAMPIRAN-LAMPIRAN
YAYASAN
PENDIDIKAN ISLAM AL-QOHHARIYYAH
SMK AL-QOHHARIYYAH
Alamat :
Jl. Cibodas RT 01 RW 14 Desa Bunijaya Kecamatan Gununghalu
Kabupaten Bandung Barat Kode
Pos 40565 Telp. 081 809 420 514
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pembangunan Nasional sebagaimana diamanatkan dalam GBHN
pada hakekatnya adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Pembangunan
yang ditujukan pada terciptanya kesejahteraan lahir bathin tersebut menjadi
tanggung jawab seluruh komponen bangsa.
Pembangunan Nasional dibidang pendidikan pada hakekatnya
adalah upaya untuk lebih mencerdaskan kehidupan anak bangsa agar memiliki masa
depan yang berbudi pekerti luhur, profesional, inovatif, kreatif, bertaqwa dan
beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga mampu membangun bangsa dan negara
tercinta ini. Untuk mencapai tujuan tersebut kiranya diperlukan sarana dan
prasarana yang memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh DEPDIKNAS.
Yayasan Pendidikan SMK AL-QOHHARIYYAH dengan keterbatasan
yang dimiliki berusaha secara aktif berperan serta melaksanakan amanat GBHN
tersebut dengan menyelenggarakan pendidikan yang terjangkau bagi masyarakat
tidak mampu dengan tujuan mendidik putra-putri bangsa menjadi manusia yang
berguna bagi nusa, bangsa dan agama.
Proposal ini dengan maksud dan tujuan untuk mendapatkan
bantuan Ruang Kelas Baru (RKB) SMK AL-QOHHARIYYAH.
B. Tujuan
Adapun tujuan yang dicapai dari pembangunan sarana dan
prasarana tersebut di atas adalah sebagai berikut:
1. Meningkatkan mutu pendidikan melalui optimalisasi dan
efektivitas pembelajaran.
2. Meningkatkan peran serta dan tanggung jawab masyarakat
terhadap pendidikan.
3. Merangsang animo masyarakat untuk tetap menyekolahkan
anak-anaknya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
C. Manfaat
- Untuk meningkatkan mutu pendidikan dan lulusan di SMK
AL-QOHHARIYYAH sebagai perwujudan dan peningkatan mutu pendidikan nasional
di Negara Republik Indonesia.
- Untuk memperlancar proses belajar mengajar di
lingkungan SMK AL-QOHHARIYYAH, terutama dalam penciptaan suasana dan
pengefektifan proses belajar mengajar yang kondusif.
- Untuk memberikan rasa kebanggaan dan kenyamanan
kepada warga belajar dan perangkat pengelola pendidikan di SMK
AL-QOHHARIYYAH.
BAB II
KOMPOTENSI KEAHIAN YANG DIBUKA
Program keahlian
yang dibutuhkan wilayah
Kebijakan
pemerintah kabupaten Bandung Barat selalu berupaya memulihkan kehidupan
masyarakat agar selalu kondusif dan peka terhadap pembangunan pendidikan. Oleh
sebab itu sebagaimana yang telah dilaksanakan dalam memantapkan pembangunan
khususnya dibidang pendidikan berpedoman kepada :
A.
Tahap penyelamatan (rescue)
B.
Tahap pemlihan (recovery)
C.
Tahap pemantapan (developmen)
Untuk itu pembangunan di kabupaten mengarah kepada :
a) Peningkatan kwalitas dan pemantapan sumber daya manusia dengan terus
membangkitkan dan memelihara rasa cinta tanah air yang melandasi kasadaran
kebangsaan, semangat pengabdian tekad untuk membangun masa depan bangsa hingga
berkembang menjadi sikap mental dan sikap hidup yang mendorong percepatan
proses pembangunan.
b) Peningkatan Ilmu pengetahuan dan teknologi untuk membina kesadaran
masyarakat dalam berbangsa dan bernegara, untuk merealisasikan kewenangan yang
diberikan pusat kepada daerah, maka kabupaten Bandung Barat telah menyusun suatu
konsep pembangunan daerah dimana salah satu dinataranya pemberdayaan sumber
daya manusia (SDM) yang berkwalitas.
Hal-hal yang
menjadi pertimbangan penting usulan pendirian / penyelenggaraan SMK adalah
sebagaia berikut :
1.
Animo calon siswa untuk masuk sekolah
kejuruan cukup besar
2.
Lokasi SMK AL-QOHHARIYYAH Kab.
Bandung Barat sangat strategis dapat menampung dari kecamatan terdekat atau
sekitarnya.
3.
Jumlah SMP/MTs Yang ada di daerah
cukup banyak
4.
Perwujudan SMK AL-QOHHARIYYAH dapat
membuka lebar sarana pendidikan yang memenuhi kebutuhan masyarakat dibidang
industri.
Diuraikan diatas dapat diketahui jika keberadaan
penyelenggaraan SMK AL-QOHHARIYYAH Kab. Bandung Barat dapat memberikan banyak
manfaat terutama dalam memenuhi dunia usaha dan mempersiapkan diri di era pasar
global.
Era globalisasi
pasar bebas mengakibatkan persaingan yang ketat dan keras antar bangsa. Dalam
situasi ini sangat terasa peranan sumber daya manusia yang terdidik dan
terampil
Kebijakan
tersebut sangatlah membantu memberikan motifasi bagi SMK yang baru untuk
mengarahkan tamatannya agar mempunyai peluang yang semakin besar untuk memasuki
lapangan kerja baik di dalam maupun di luar negeri serta menjadi insani yang
mandiri.
Program Keahlian
yang sedang berjalan dan komposisi kelas
No
|
Bidang Keahlian
|
Program Keahlian
|
1
|
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
|
Teknik
Komputer dan Jaringan
|
2
|
|
|
3
|
|
|
Jumlah
|
Bidang program
keahlian ini menyiapkan siswa untuk dapat memasuki lapangan kerja serta
mengembangkan sikap propesional dibidangnya
Siswa diharapkan
mampu mengembangkan diri dalam bidangnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Program ini juga
sekaligus menyiapkan siswa untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan dunia
Industri pada bidangnya.
Semua siswa yang
mengikuti program dalam SMK ini dihaparkan tidak terlalu tergantung dalam
mencari pekerjaan kerana dapat ia ciptakan sendiri siap untuk menjadi insani
mandiri.
Sebagai awal
pengenalan pada dunia industri akan diadakan prakerin (praktek kerja industri)
setiap tahunnya. Ini bertujuan bahwa siswa SMK berusaha untuk menyiapkan
tamatannya agar menjadi warga negara yang produktif dan adaktif.
Keberadaan SMK AL-QOHHARIYYAH adalah untuk memenuhi
tuntutan dinamika pembangunan dan kebutuhan masyarakat, karena itu SMK
AL-QOHHARIYYAH harus mampu membina, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu
pengetahuan dan keagamaan kepada masyarakat secara institusional, seliain itu SMK
AL-QOHHARIYYAH dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk tumbuhnya kegiatan
pembanagunan.
Upaya pencapaian
kondisi yang maksimal untuk tumbuhnya kegiatan pembangunan yang seimbang dalam
pencapaian target sasaran diatas diperlukan berbagai upaya pendekatan yang
serasi dan menyenangkan oleh semua pihak yang terkait, salah satu upaya yang
dianggap strategis untuk melahirkan sebuah lingkungan pendidikan yang mempunyai
nilai tambah baik secara insaniyah maupun kearipan imani maupun secara ekonomi
adalah penyelenggaraan SMK dan pemenuhan sarana prasarana pendidikan yang
sesuai.
A. Kompetensi Keahlian Yang Dikembangkan
Dari hasil analisis jumlah siswa dari tahun ketahun
jumlah siswa yang selalu meningkat dari segi jumlah siswa yaitu bidang keahlian
/ kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan, sangat tepat dikembangkan
di SMK AL-QOHHARIYYAH untuk mengembangkan kreativitas dengan berbekal bakat dan
minat siswa, sehingga perkembangan kompetensi ini cukup baik. Kompetensi
Keahliann ini dikembangkan dengan keunggalan dalam hal perbaikan (maintenence)
komputer, mengingat sekarang adalah era komputerisasi sehingga prospek keahlian
ini sangat menjanjikan (prospektif) untuk life skills out came siswa.
B. Data Siswa dan Data Penerima Siswa
Keadaan Siswa SMK
AL-QOHHARIYYAH Tahun Ajaran 2013-2014
BAB III
PROGRAM PENGEMBANGAN SARANA SMK AL-QOHHARIYYAH
PROFIL SEKOLAH
A. DATA YAYASAN
Nama Lembaga : YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM AL-QOHHARIYYAH
Notaris : IIN
ABDUL JALIL, S.H, SpN.
C-340 HT.03.01-TH-2001Tanggal 28 Mei 2009
Akta Notaris Nomor : 27
Tanggal : 28
Mei 2009
Alamat : Jl.
Cibodas RT 01 RW 14 Ds. Bunijaya
Kec. Gununghalu Kab. Bandung Barat
Telepon :
08522081825-087824080852
B. IDENTITAS SEKOLAH
Nama Sekolah : SMK
AL-QOHHARIYYAH
Status Sekolah : Swasta
NPSN :
NSS :
322022324088
Program Keahlian : Teknik Komputer
Jaringan
SK Izin Operasional : 421.3/4151.disdikpora
2013
Tanggal SK Izin
Operasional : 17 September 2014
Yayasan Penyelenggara : YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM AL-QOHHARIYYAH
No. Rekening :
Nama Bank : Bank Jabar
Banten (BJB)
Alamat Sekolah : Jl. Cibodas RT 01
RW 14 Ds. Bunijaya
Kec. Gununghalu Kab.
Bandung Barat
No. Telp : 081
809 420 514
C. IDENTITAS KEPALA SEKOLAH
Nama : H.
Rahmat Hidayat, S.Pd.
Tempat Tanggal Lahir : Bandung, 04/13/1970
Pendidikan Terakhir : S1
Agama :
Islam
Alamat Rumah : Jl. Cibodas RT
01 RW 14 Ds. Bunijaya
Kec. Gununghalu Kab.
Bandung Barat 40565
VISI,
MISI, TUJUAN DAN STRATEGI
A. Visi
Menjadikan SMK AL-QOHHARIYYAH sebagai Institusi Terdepan
dan Unggulan, Beriman, Bertaqwa, teguh, Berilmu Luas, Beramal Ikhlas,
Berakhlakul Karimah, Mandiri, Kreatif dan Inspiratif.
B. Misi
- Mengembangkan sikap
dan ketrampilan peserta didik dalam keahlian Teknik Komputer dan Jaringan
- Menguasai
ketrampilan dalam mengoperasikan Komputer
- Menguasai
ketrampilan dalam penggunaan Hardware, Software dan Brainware
- Mampu mengembangkan
pembuatan multimedia yang relevan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat
C. Tujuan
1. Meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dan pelatihan
sesuai dengan kebutuhan pelanggan utama Dunia Usaha dan Dunia Industri.
2. Senantiasa mengupayakan peningkatan kesejahteraan seluruh
staf (tata laksanan dan tenaga pendidik).
3. Mengembangkan bakat, minat dan potensi siswa.
4. Mencetak tenaga kerja yang Professional Teknokrat dan
Cendikiawan Muslim yang berguna bagi bangsa, Agama dan Negara Republik
Indonesia.
D. Sasaran dan Strategi
1. Mensosialisasikan Visi, Misi dan Tujuan Sekolah
kepelosok-pelosok daerah tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan dan sampai ke
tingkat akar rumput khususnya wilayah kabupaten bandung barat
2. Merekrut siswa yang mempunyai keinginan untuk melanjutkan
ke SMK (sekolah Menengah Kejuruan) umumnya yang mampu dan khususnya yang tidak
mampu.
3. Meminta bantuan dana operasional kepada Dinas Pendidikan
dan kebudayaan baik kabupaten, Propinsi, Pusat, Perusahaan dan instansi
lainnya.
4. Menjalin kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri
Pemerintah atau Swasta dalam upaya menyalurkan para lulusan sebagaimana
diharapkan oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri yang bertarap nasional maupun
Internasional.
5. Memberdayakan secara optimal semua potensi sumber daya
sekolah dalam rangka mewujudkan pelayanan prima pada masyarakat.
KEADAAN
SISWA SMK AL-QOHHARIYYAH TAHUN AJARAN 2013-2014
Data
sarana dan Prasarana
No
|
Jenis Sarana Prasarana
|
Jml Ruang
|
Kategori Ruangan
|
|||||
Baik
|
Rusak Ringan
|
Rusak Sedang
|
Rusak Berat
|
|||||
1.
|
Ruang Kelas
|
2
|
2
|
-
|
-
|
-
|
||
2.
|
Perpustakaan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
3.
|
R. Lab. PAI
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
4.
|
R. Lab. Biologi
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
5.
|
R. Lab. Fisika
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
6.
|
R. Lab. Kimia
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
7.
|
R. Lab. Komputer
|
1
|
1
|
-
|
-
|
-
|
||
8.
|
R. Lab. Bahasa
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
9.
|
R. Kepala Sekolah/Wakasek
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
10.
|
R. Guru
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
11.
|
R. Tata Usaha
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
12.
|
R. Bimbingan Konseling
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
13.
|
R. Tempat Ibadah
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
14.
|
R. UKS
|
-
|
|
-
|
-
|
-
|
||
15.
|
Jamban Siswa dan Guru
|
2
|
2
|
-
|
-
|
-
|
||
16.
|
Gudang
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
||
17.
|
R. Sirkulasi
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
18.
|
Tempat Olahraga
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
19.
|
R. OSIS
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
20.
|
R. Kegiatan Siswa
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
21.
|
R. Lainnya
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
|
|
|||||||
Data Pendidik dan Tenaga kependidikan
No
|
Status Pendidik dan Tenaga Kependidikan
|
Jumlah
|
||
A.
|
Pendidik
|
|
||
1.
|
Guru PNS diperbantukan
tetap
|
-
|
||
2.
|
Guru tetap yayasan
|
14
|
||
3.
|
Guru honorer
|
-
|
||
|
|
|
||
|
|
|
||
B.
|
Tenaga Kependidikan
|
|
||
1.
|
KTU
|
1
|
||
2.
|
Staff TU
|
|||
|
|
|
||
C.
|
Tenaga lainnya
|
|
||
|
1.
|
Penjaga Sekolah/ Kebersihan
|
||
Jumlah Personal
|
15
|
BAB IV
PENDANAAN
A. Renana Anggaran Biaya
(terlampir)
B. Rekapitulasi Anggaran Biaya
(terlampir)
BAB V
PENUTUP
SMK
AL-QOHHARIYYAH dalam menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) sesuai
dengan Visi dan Misi Sekolah akan terus berupaya pada penyiapan Sumber Daya
Manusia yang Unggul sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, namun dalam
mengimplementasikannya tentu kami masih sangat membutuhkan bimbingan, motivasi
dan perhatian antara lain dari Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat, dari Dinas
Pendidikan Provinsi Jawa Barat, dari Direktorat Dikmenjur, dari Masyarakat.
Akhirnya
kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Gubernur Jawa Barat, Kepala
Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat beserta staf, kepada Kepala Dinas Provinsi
Jawa Barat beserta staf yang selalu memberikan bimbingan, motifasi dan
perhatian kepada SMK AL-QOHHARIYYAH, semoga Allah SWT selamanya memberikan
rahmat serta karunia-Nya kepada kita semua dan kami berharap dengan disusunnya
proposal ini, SMK AL-QOHHARIYYAH mendapat kesempatan untuk mendapatkan
perhatian dan dapat menyelenggarakan proses Belajar Mengajar dengan
sebaik-baiknya.
Atas
Perhatian dan Bantuannya, kami ucapkan terima kasih.
|
Bandung Barat, 06
Oktober 2014
|
|
Kepala Sekolah,
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
H. RAHMAT HIDAYAT, S.Pd.
|
|
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
YAYASAN
PENDIDIKAN ISLAM AL-QOHHARIYYAH
SMK AL-QOHHARIYYAH
Alamat :
Jl. Cibodas RT 01 RW 14 Desa Bunijaya Kecamatan Gununghalu
Kabupaten Bandung Barat Kode
Pos 40565 Telp. 081 809 420 514
KEPUTUSAN KEPALA SMK
AL-QOHHARIYYAH
NOMOR : 001/SMK-AQ/X/2014
TENTANG
PEMBENTUKAN TIM
PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU (RKB)
KEPALA SEKOLAH SMK AL-QOHHARIYYAH
Menimbang : Bahwa dalam rangka
persiapan dan pelaksanaan program bantuan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB),
perlu dibentuk Tim Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB);
Mengingat : 1.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2013 tentang
Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2014;
3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
Tentang Standar Nasional Pendidikan beserta perubahannya;
4. Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008
tentang Pendanaan Pendidikan;
5. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010
sebagaimana telah dirubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun
2010Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
6. Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang
Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah beserta perubahannya serta Peraturan Presiden
Nomor 84 Tahun 2012 tentang Pengadaan Barang/jasa Pemerintah dalam rangka
percepatan pembangunan provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat;
7. Peraturan Presiden RI Nomor 73 tahun 2011
tentang Pembangunan Bangunan Gedung Negara;
8. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum nomor
45/PRT/M/2007 tentang Pedoman Teknis Pembangunan Bangunan Negara;
9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 40
tahun 2008 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Menengah
Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).
MEMUTUSKAN
Menetapkan :
PERTAMA :
Membentuk Tim Pembangunan Ruang
Kelas Baru (RKB), seperti nama-nama terlampir.
KEDUA : Tugas
dan tanggung jawab Tim Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) seperti tertuang
dalam Juknis antara lain sebagai berikut :
1.
Membuat program kerja pelaksanaan,
yang berisi :
a.
Jadual dan urutan pekerjaan;
b.
Menyiapkan/ mengadakan peralatan
penunjang dan bahan dengan memperhatikan standar kualitas yang berlaku.
2.
Membantu sekolah dalam hal :
a.
Membentuk Tim Pelaksana Ruang Kelas
Baru (RKB) antara lain kepala tukang, tukang, dan pekerja;
b.
Pembelian/Pengadaan bahan bangunan dan
alat penunjang, dilengkapi dengan bukti-bukti kuitansi pembayaran;
c.
Menyusun laporan hasil pelaksanaan
pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) dilengkapi dengan realisasi
pertanggungjawaban penggunaan dana bantuan (antara lain : rekapitulasi
penggunaan dana dan pajak) dan teknis (antara lain: gambar site plan, gambar
kerja, Rencana Anggaran Biaya (RAB)) dilengkapi foto-foto hasil pelaksanaan
pekerjaan pembangunan sesuai dengan Petunjuk Teknis Penyusunan Laporan dan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan yang
dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan SMK. Laporan tersebut disampaikan kepada
Direktorat Pembinaan SMK yang disetujui Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dengan
tembusan kepada Dinas Pendidikan Propinsi.
KETIGA : Tim
Pembangunan SMK bertanggungjawab kepada kepala SMK/ Pejabat Pembuat Komitmen SMK
AL-QOHHARIYYAH.
KEEMPAT : Biaya pelaksanaan tugas dimaksud dalam
diktum kedua dibebankan pada SMK AL-QOHHARIYYAH.
KELIMA : Keputusan
ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuan akan diperbaiki
sebagaimana mestinya jika dikemudian hari terdapat kekeliruan.
Ditetapkan di :
Bandung Barat
Pada tanggal : 06
Oktober 2014
Kepala SMK
AL-QOHHARIYYAH
H. RAHMAT HIDAYAT,
S.Pd.
Tembusan :
1. Direktur Pembinaan
SMK;
2. Kepala Dinas
Pendidikan Kab. Bandung Barat
3. Kepala Dinas
Pendidikan Propinsi Jawa Barat
4. Yang bersangkutan
Lampiran
: Surat Keputusan Kepala SMK
AL-QOHHARIYYAH
Nomor :
001/SMK-MP1/X/2014
Tanggal :
06 Oktober 2014
Tim Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB)
SMK AL-QOHHARIYYAH
NO
|
NAMA
|
UNSUR
|
JABATAN DALAM TIM
|
1.
|
H. RAHMAT HIDAYAT,
S.Pd.
|
Sekolah
|
Ketua Tim
|
2.
|
Muhammad Dasep
Ma'ruf
|
Sekolah
|
Sekretaris
|
3.
|
Pepen Supendi,
S.Pd.
|
Sekolah
|
Anggota
|
4.
|
Dani Sapa'at
|
Masyarakat
|
Anggota
|
5.
|
Parman
|
Masyarakat
|
Anggota
|
Ditetapkan di :
Bandung Barat
Pada tanggal : 06
Oktober 2014
Kepala SMK
AL-QOHHARIYYAH
H. RAHMAT
HIDAYAT, S.Pd.
YAYASAN
PENDIDIKAN ISLAM AL-QOHHARIYYAH
SMK AL-QOHHARIYYAH
Alamat :
Jl. Cibodas RT 01 RW 14 Desa Bunijaya Kecamatan Gununghalu
Kabupaten Bandung Barat Kode
Pos 40565 Telp. 081 809 420 514
KEPUTUSAN KEPALA SMK
AL-QOHHARIYYAH
NOMOR : 002/SMK-AQ/X/2014
TENTANG
PEMBENTUKAN TIM
PERENCANA DAN PENGAWASAN
PEMBANGUNAN RUANG
KELAS BARU (RKB)
KEPALA SEKOLAH SMK AL-QOHHARIYYAH
Menimbang : 1. Bahwa dengan akan dibangunnya Ruang Kelas Baru
(RKB)untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) AL-QOHHARIYYAH Tahun Ajaran 2014;
2. Bahwa dalam rangkan kegiatan pelaksanaan
pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) perlu dibentuk Tim Perencana dan Pengawasan
Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB);
Mengingat : 1.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2013 tentang
Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2014;
3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
Tentang Standar Nasional Pendidikan beserta perubahannya;
4. Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008
tentang Pendanaan Pendidikan;
5. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010
sebagaimana telah dirubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun
2010Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
6. Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang
Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah beserta perubahannya serta Peraturan Presiden
Nomor 84 Tahun 2012 tentang Pengadaan Barang/jasa Pemerintah dalam rangka
percepatan pembangunan provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat;
7. Peraturan Presiden RI Nomor 73 tahun 2011
tentang Pembangunan Bangunan Gedung Negara;
8. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum nomor
45/PRT/M/2007 tentang Pedoman Teknis Pembangunan Bangunan Negara;
9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 40
tahun 2008 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Menengah
Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).
MEMUTUSKAN
Menetapkan :
PERTAMA :
Membentuk Tim Perencana dan
Pengawasan Ruang Kelas Baru (RKB), seperti nama-nama terlampir.
KEDUA : Tim
Perencana dan Pengawasan Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) mempunyai tugas :
1.
Tahan Perencana
a.
Melakukan pendataan kondisi lahan dan
bangunan yang ada;
b.
Membuat gambar rencana bangunan harus
sesuai dengan konstruksi tahan gempa yang tediri dari:
1)
Tata letak bangunan (site plan);
2)
Desanh, tampak, potongan bangunan;
3)
Gambar detail pondasi;
4)
Gambar detail kolom, balok, sloof;
5)
Gambar detail kuda-kuda;
6)
Gambar detail pintu dan jendela;
7)
Gambar rencana plafon;
8)
Gambar rencana lantai;
9)
Gambar instalasi penerangan dan
pembuangan air kotor;
c.
Melakukan servei harga satuan bahan
dan upah;
d.
Menyusun analisa harga satuan
pekerjaan (kebutuhan bahan, tenaga kerja, dan upah kerja);
e.
Membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB)
pekerjaan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB);
f.
Membuat jadual pelaksanaan pekerjaan.
2.
Tahap Pengawasan
a.
Membantu Tim Pembangunan Ruang Kelas
Baru (RKB) mengarahkan dan membimbing setiap hari kepada pelaksana selama
pekerjaan berlangsung;
b.
Mengawasi, memeriksa kualitas dan
kuantitas bahan yang diterima dilokasi;
c.
Mengawasi, memeriksa dan mengevaluasi
kemajuan pekerjaan pembangunan;
d.
Membantu Tim Pembangunan Ruang Kelas
Baru (RKB) dalam pelaksanaan pembangunan yang terdiri:
1) Jadual pelaksanaan;
2) Laporan kemajuan pekerjaan (laporan mingguan);
3) Berita Acara Kemajuan Pekerjaan 100% dilampiri dengan
laporan kemajuan pekerjaan (100%);
4) Berita Acara Serah Terima Pekerjaan dari Tim Pembangunan
kepada Kepala Sekolah dan dilengkapi dengan foto dokumentasi yang menunjukkan
kondisi 0% sampai dengan 100%.
KETIGA : Tim Perencana dan Pengawas bertanggungjawab kepada kepala SMK
AL-QOHHARIYYAH.
KEEMPAT : Biaya
pelaksanaan tugas dimaksud dalam diktum kedua dibebankan pada SMK
AL-QOHHARIYYAH.
KELIMA : Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuan
akan diperbaiki sebagaimana mestinya jika dikemudian hari terdapat kekeliruan.
Ditetapkan di :
Bandung Barat
Pada tanggal : 06
Oktober 2014
Kepala SMK
AL-QOHHARIYYAH
H. RAHMAT HIDAYAT,
S.Pd.
Tembusan :
1. Direktur Pembinaan
SMK;
2. Kepala Dinas
Pendidikan Kab. Bandung Barat
3. Kepala Dinas
Pendidikan Propinsi Jawa Barat
4. Yang bersangkutan
Lampiran
: Surat Keputusan Kepala SMK
AL-QOHHARIYYAH
Nomor :
002/SMK-AQ/X/2014
Tanggal :
06 Oktober 2014
Tim Perencana dan Pengawasan
Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) SMK AL-QOHHARIYYAH
NO
|
NAMA
|
UNSUR
|
SPESIALISASI
|
JABATAN
|
1.
|
Asep Nurul Hikmat, ST.
|
Sekolah/Masyarakat
|
T. Arsitek/T. Sipil*
|
Ketua Tim
|
2.
|
Arop
|
Sekolah/Masyarakat
|
T. Sipil/ Bangunan*
|
Anggota
|
3.
|
Idin
|
Sekolah/Masyarakat
|
T. Sipil/ Bangunan*
|
Anggota
|
4.
|
Arip
|
Sekolah/Masyarakat
|
Drafter/Juru Gambar*
|
Anggota
|
5.
|
H. Jamil Ihsan Faruk
|
Sekolah/Masyarakat
|
Pengawas Bangunan *
|
Anggota
|
Ditetapkan di :
Bandung Barat
Pada tanggal : 06
Oktober 2014
Kepala SMK AL-QOHHARIYYAH
H. RAHMAT
HIDAYAT, S.Pd.
FOTO LOKASI TANAH
YANG AKAN DIBANGUN
SMK AL-QOHHARIYYAH
BANDUNG BARAT
Ijin Copy Gan
BalasHapus